Info ayam bangkok super vip jenis ayam aduan thailand birma jepang dan vietnam lengkap gambar, tips obat, rawatan & ciri

Jenis obat obatan ayam bangkok aduan


obat ayam

GAMBARAN UMUM PENYAKIT DAN OBAT AYAM BANGKOK 

  • Perhatikan sisa makanan seperti nasi, ikan, daging dan sayuran. Satu hari setelah dibuang, semuanya membusuk secara perlahan-lahan. Pembusukan itu adalah akibat serangan kuman bakteri yang terdapat di udara, tanah, dan dimana saja.
  • Perhatikan juga bekas luka, jika tidak dibersihkan/diobati akan membengkak, membusuk, bernanah, dll. Itu semua juga akibat serangan bakteri. 
  • Kuman-kuman seperti bakteri, virus dan jamur yang ada dimana saja juga menyerang/memakan makhluk hidup seperti manusia dan hewan, karena kuman tersebut juga perlu makan untuk hidup. Tubuh akan melawan serangan itu, jika pertahanan tubuh kuat akan tetap sehat dan jika lemah akan terserang dan menimbulkan penyakit.
  • Bagian tubuh yang berhasil diserang oleh kuman akan rusak, memar, radang, membusuk, yang dinamakan dengan infeksi. Semua bentuk infeksi itu menimbulkan rasa sakit dan terkadang deman. 
  • Pada ayam, semua serangan virus (virus flu burung dan virus tetelo), dan serangan bakteri (pilek/snot, ngorok, berak kapur dan kolera) akan mengakibatkan sakit dan demam pada ayam, yang ditandai oleh gejala lesu, lemas, badan agak panas, gemetaran, dan tidak nafsu makan, ditambah gejala khusus yang berbeda untuk setiap jenis virus/bakteri penyakit. Silahkan lihat daftar lengkap penyakit pada artikel jenis penyakit pada unggas dan ayam bangkok
  • Obat-obatan adalah lawannya penyakit, dapat digunakan untuk mencegah penyakit (vaksin), membunuh kuman (antibiotik, antiseptik, desinfektan), mengurangi efek deman karena penyakit (paracetamol) dan menguatkan pertahanan tubuh (vitamin).


VAKSIN MENCEGAH PENYAKIT VIRUS

  • Vaksin yang selalu siap sedia untuk ternak ayam bangkok adalah vaksin ND (tetelo), yaitu vaksin untuk penyakit ayam terserang tetelo. Lebih baik mencegah tetelo dengan vaksin daripada mengobati, karena serangan penyakit tetelo masih kecil peluangnya disembuhkan. Disamping ND perlu dipertimbangkan vaksin AI (avian influenza-flu burung).
  • Harga vaksin medivac-ND ukuran 100 ekor di ± Rp 12.000, untuk 500 ekor Rp 19.000,-
  • Gunakan vaksin umur 4 hari, 4 minggu, selanjutnya setiap 3-4 bulan. Juga untuk setiap ayam baru yang didatangkan dari luar.
  • Vaksinasi dan obat tetelo terdapat pada artikel Cara memilih dan menggunakan vaksin tetelo pada ayam bangkok atau Cara alternatif mengobati penyakit tetelo ayam bangkok
  • Khusus untuk peternakan skala besar seperti ayam negeri, sebaiknya gunakan beragam jenis vaksin virus dan bakteri.  Silahkan lihat daftar vaksin lengkap pada artikel Jenis vaksin unggas dan ayam bangkok 

ANTIBIOTIK OBAT AYAM BANGKOK PALING AMPUH

  • Antibiotik untuk obat ayam bangkok atau obat ayam aduan disediakan yang praktis saja, yang bisa menyembuhkan semua jenis penyakit bakteri. Contoh yang bisa disediakan adalah Trimezyn-Medion.  Trimezyn mengandung trimethoprin dan sulfadiazin, sebagai obat ayam yang menderita penyakit korisa (pilek, snot), CRD (ngorok), kolera (berak hijau), fowl typhoid (mencret kuning), pullorum (berak kapur), colibacillosis, dan lainnya.
  • Trimezyn tersedia dalam bentuk kaplet ukuran 50 butir Rp. 4.500. Gunakan 1 butir/hari untuk ayam remaja dan dewasa, ½ butir untuk ayam sedang, ¼ butir (atau dibubukin dan diaduk dengan makanan) untuk anakan kecil dibawah 1 bulan.
  • Jenis antibiotik lain juga ada, ada juga berbentuk bubuk, tapi lebih baik bentuk kaplet karena sudah di takar untuk 1 butir satu ayam dewasa.
gambar trimezyn antibiotik penyakit ayam
Trimezyn dan Rodalon


ANTIBIOTIK LAIN 

  • Antibiotik yang dimaksud adalah antibiotik yang paling umum digunakan oleh manusia untuk menyembuhkan infeksi, yaitu amoxicillin dan salep oxytetracyline. 
  • Amoxicillin generik (indofarma, kimia farma, dll) Rp 6.00 per 10 butir @500mg (dosis tinggi karena untuk manusia yang berat badan puluhan kg).
  • Amoxicillin diberikan ½ butir/hari (selama 3 hari) untuk obat ayam bangkok aduan setelah bertarung yang berkemungkinan terkena luka dalam yang tidak diketahui. Juga akan mempercepat penyembuhan luka luar yang parah akibat kena taji.
  • Salep oxytetracyline mengandung antibiotik untuk menyembukan infeksi dan luka luar. Cocok dioleskan pada bekas luka parah yang darahnya sudah tidak mengalir, sebelumnya darah dihentikan dulu dengan obat merah atau parutan kunyit atau bubuk kopi. Kelebihannya bekas luka yang sembuh tampak bersih. Harga salep oxytetracyline Rp 3.500/buah.
obat parasetamol untuk penyakit ayam bangkok
Paracetamol Inza dan Amoxicillin


PARACETAMOL OBAT AYAM ADUAN TERSERANG DEMAN

  • Parasetamol disediakan untuk mengurangi sakit/demam tinggi pada ayam akibat terserang penyakit yang parah seperti tetelo. Parasetamol tidak perlu diberikan pada ayam yang hanya terserang bakteri seperti korisa (pilek, snot), CRD (ngorok), kolera (berak hijau), fowl typhoid (mencret kuning), pullorum (berak kapur), colibacillosis.
  • Parasetamol yang disediakan adalah yang biasa digunakan untuk obat flu seperti bodrex, panadol, inza, neozep, dll yang mengandung bahan utama parasetamol 500mg. Harga Rp 2.000/4 butir.
  • Berikan ¼ butir untuk ayam sakit dewasa yang terkena sakit/deman tinggi atau yang terluka parah karena taji. 

ANTI SEPTIK UNTUK OBAT AYAM ADUAN YANG LUKA

  • Antiseptik yang paling sederhana adalah obat merah, digunakan pada luka untuk mematikan kuman agar tidak infeksi.
  • Antiseptik sekaligus desinfektan lain dapat digunakan seperti Rodalon berbentuk cair.  Rodalon dicampur dengan air lalu disemprotkan ke dalam dan sekitar kandang untuk membunuh kuman bakteri dan virus.
  • Deterjen yang biasa digunakan mencuci juga bisa digunakan.  


OBAT AYAM DARI JAMU HERBAL TRADISIONAL
  • Obat herbal dari tanaman obat tradisional, dalam hal-hal tertentu lebih ampuh daripada obat kimia seperti diuraikan di atas.  Obat herbal dapat digunakan untuk mencegah penyakit tetelo dan flu burung seperti dapat dilihat pada artikel Cara alternatif mengobati penyakit tetelo.  Tidak hanya mencegah penyakit, ternyata obat herbal tersebut juga bisa menyembuhkan penyakit tetelo, walaupun persentasenya masih 50%.  Obat herbal utama adalah sambiloto, sirih merah, temu kunci, kunyit putih, dan dapat ditambahkan sirih hijau, daun brotowali/antawali, daun pepaya, kunyit, temu lawak, bawang putih, dll.  
  • 2 jenis ramuan obat herbal yang pernah dicoba, yaitu, pertama campuran kunyit putih, sambiloto dan temu kunci, atau ramuan kedua yaitu kunyit putih, temu kunci, sirih hijau, kunyit biasa, daun pepaya dapat mencegah dan mengobati penyakit tetelo.  Ramuan tersebut tidak hanya untuk penyakit tetapi membuat ayam bangkok bersemangat dan bergairah, nafsu makan tinggi, dan selalu sehat, yang akibatnya ayam cepat besar walaupun makanannya lebih banyak dedak daripada pur.  Jadi memang benar bahwa ramuan obat tradisional tersebut juga berguna untuk efisiensi pakan.
  • Untuk luka luar sehabis tarung atau bekas bubul di kaki sangat cepat diobati dengan kunyit atau cabe besar merah atau cabe rawit yang merah.  Kunyit dan cabe tersebut juga bisa dicampur.  Untuk luka luar cabe dan kunyit tersebut memang lebih ampuh daripada obat kimia. 
  • Masih banyak lagi jenis ramuan obat tradisional yang ampuh dan harusnya bisa dimanfaatkan.  Jika tadinya lebih percaya obat kimia antibiotik, maka setelah mencoba obat tradisional tersebut maka akan semakin yakin menggunakan obat tradisional dari tanaman obat.
Demikian postingan tentang jenis obat obatan ayam bangkok aduan, semoga bermanfaat.


TERKAIT