Info ayam bangkok super vip jenis ayam aduan thailand birma jepang dan vietnam lengkap gambar, tips obat, rawatan & ciri

Jenis vaksin unggas dan ayam bangkok

Apa pentingnya vaksinasi unggas bagi peternak ayam negeri?


  • Selain pakan yang selalu disediakan untuk memacu pertumbuhan ayam, maka vaksin adalah yang bertugas menjaga kondisi kesehatan ayam agar dapat menolak virus/bakteri penyakit yang datang tiba-tiba tanpa diketahui kapan waktunya.
  • Vaksinasi unggas membuat peternak ayam negeri yang memiliki ratusan hingga ribuan ekor ayam menjadi lebih tenang menghadapi kondisi perubahan cuaca yang tak menentu ataupun bila wabah penyakit datang menyerang tiba-tiba. 
  • Kejadian kasus flu burung sekitar 2004-2006 yang telah menghancurkan investasi dan masa depan peternak ayam negeri di kala itu adalah pembelajaran penting untuk semakin meyakinkan pentingnya vaksinasi unggas di setiap tahapan umur ayam.
  • Harga vaksin yang sangat murah bila dihitung biayanya untuk per ekor ayam, maka pada umumnya peternak ayam negeri menerapkan sebagian besar jenis-jenis vaksin virus dan bakteri yang ada.

Apa pentingnya vaksin bagi peternak ayam bangkok?


  • Peternak ayam bangkok ataupun ayam kampung rumahan pada umumnya memiliki hanya beberapa ekor ayam saja atau hingga puluhan ekor. Artinya jumlah ternak ayam bangkok jauh lebih sedikit daripada ternak ayam negeri. 
  • Disebabkan jumlahnya yang sedikit maka ayam bangkok yang terkena serangan penyakit masih bisa ditangani/dirawat intensif.
  • Namun tetap harus hati-hati terhadap dua penyakit yang paling berbahaya dan mematikan yaitu flu burung (avian influenza) dan tetelo/ND. 
  • Flu burung pada umumnya datang menyerang dalam interval waktu yang cukup lama, tidak selalu ada setiap tahun, karena itu vaksin avian influenza (AI) bisa digunakan temporer yaitu saat tersiar kabar daerah tempat lokasi tenak sudah ada yang terserang wabah flu burung.
  • Namun lain halnya dengan tetelo/ND, setiap tahun selalu ada, bisa dimusim hujan yang berlangsung selama beberapa bulan dan juga masa pancaroba. Disaat cuaca baik pun tetelo/ND tetap saja mengkhawatirkan terutama apabila ada ayam baru yang dibeli/dibawa oleh peternak sendiri ataupun oleh tetangga. Karena itu vaksin ayam jenis tetelo/ND perlu dan harus rutin diaplikasikan untuk melindungi ayam bangkok kesayangan.

Pilihan jenis vaksin unggas yang tersedia


  • Disini diperlihatkan jenis jenis vaksin unggas atau vaksin ayam yang digunakan untuk ayam negeri petelur, pedaging, dan tentu juga untuk ayam bangkok ataupun ayam kampung. Kebetulan merek yang ada dan pernah dicoba adalah merek medivac-medion. 
  • Tipe vaksin ayam didasarkan pada kode vaksin, misalnya medivac ND-AI adalah merek medivac untuk dua penyakit sekaligus yaitu ND (Newcastle Disease, tetelo) dan AI (Avian Influenza, flu burung).
  • Sebagian besar vaksin ayam digunakan oleh peternak ayam negeri karena menguntungkan secara ekomis dan juga karena jumlah ayam yang diternak ratusan hingga puluhan ribu ekor.
  • Sementara peternak ayam bangkok yang memiliki beberapa hingga puluhan ekor ayam saja bisa memilih vaksin ayam yang penting-penting saja yaitu vaksin ND adalah yang paling penting, dan boleh menambahkan vaksin AI. Vaksin lainnya tidak terlalu diperlukan karena masih bisa disembuhkan. Lagi pula mengurus/mengobati ayam yang sakit hanya beberapa ekor saja tidak terlalu merepotkan. 
  • Sebagai gambaran harga vaksin ayam, untuk contoh saja misalnya vaksin ND ukuran 100 ekor berkisar Rp 12.000, ukuran 500 ekor Rp 19.000.  Tetapi vaksin AI (flu burung) harganya masih mahal, sekitar Rp 200.000 untuk ukuran terkecil 1.000 ekor.
  • Perbedaan vaksin ayam jenis inaktif dan aktif serta cara menggunakannya sebaiknya tanyakan pada toko penjual. Dapat juga dibaca petunjuknya yang ada dalam kardus kecil tempat botol vaksin.
UNTUK PERBESAR-KLIK GAMBAR
    Jenis vaksin unggas dan ayam bangkok
    Vaksin ayam jenis inaktif

    jenis vaksin ayam dan vaksin unggas
    Vaksin ayam jenis aktif


    Demikian postingan Jenis vaksin unggas dan ayam bangkokyang uraikan dari data vaksin yang diperoleh dari Medion.


    TERKAIT